Ahmad Bin Hambal

Ahmad Bin Hambal sering mengunjungi Bisyr. Dia begitu mempercayai kata-kata Bisyr sehingga murid-muridnya pernah menegur sikapnya itu, “Pada zaman ini, tidak ada orang yang dapat menandingimu di bidang hadis, hukum, teologi dan setiap cabang ilmu pengetahuan, tetapi setiap saat engkau menemani seorang pemabuk, betulkah tindakanmu itu?”. “Mengenai setiap bidang yang kamu sebutkan tadi, aku memang lebih mengetahui daripada Bisyr, tetapi mengenai Allah dia lebih mengetahui daripadaku.”, jawab Ahmad Bin Hambal.

Dari segi keduniaan, mungkin kita lebih tinggi berbanding orang tetapi berkemungkinan orang lain lebih tinggi dari segi ilmu Allah. Dalam kita berguru, jangan ingat kita melebihi guru walau setinggi manapun ilmu kita. Mungkin kita lebih dari segi ilmu dunia tetapi guru kita lebih dari segi ilmu ketuhanan (mengenal Allah, walau sekalipun kelihatan guru kita itu jahil (peminum arak seperti Bisyr).

Hj. Shaari Hj. Mohd Yusof,
Fakulti Makrifat, Universiti Qalbu Mukmin.
Jangan Sampai Terlihat Adanya Diri!

4 Replies to “Ahmad Bin Hambal”

  1. perjuangan ayahanda mengajar dan menyebarkan ilmu makrifat secara terang-terangan membuktikan ayahanda benar.

    Like

  2. Ayahanda makasih sekali.saya setuju sekali.karna peminum arak yg sedang ingat ma Allah lebih mulia ketimbang ga minum arak tapi mabuk dunia ga ingat Allah.maaf ayanda barangkali salah bercomentar.karna komentar ini bukan karna mahluk,tp karna Yg py cerita yg meminta saya berkomentar seperti ini.dan yakin seyakin yakinnya sudah ditulis di lafulmahfuz.

    Like

  3. Ayahanda..mohon pencerahannya.setelah membaca kitab kitab ayah.adinda melihat smua Allah meliputi apa yg adinda lihat.cuma adinda sering di hati ada kata begini setelah adinda leburkan diri”AKU ALLAH,SMUANYA ALLAH”tapi terkadang berkata seperti ini jg di hati”AKU ALLAH,AKU JUGA BAGIAN DARI ALLAH YG ADA JASAD INI.YG MENGEMBAN TUGAS DARI ALLAH UNTUK MENJALANKAN SEKENARIO ALLAH YG TERTULIS DI LAFULMAHFUZ,WALAU AKU YAKIN AKU ALLAH.AKU MENUNGGU PULANG BERSATU BERSAMA ALLAH.”apakah itu otak apa rasa,apa apa…mohon pencerahaan dari ayahanda.mohon..mohon..

    Like

  4. Maaf Ayahanda..mohon pencerahannya.setelah membaca kitab kitab ayah.adinda melihat smua Allah meliputi apa yg adinda lihat.cuma adinda sering di hati ada kata begini setelah adinda leburkan diri”AKU ALLAH,SMUANYA ALLAH”tapi terkadang berkata seperti ini jg di hati”AKU ALLAH,AKU JUGA BAGIAN DARI ALLAH YG ADA JASAD INI.YG MENGEMBAN TUGAS DARI ALLAH UNTUK MENJALANKAN SEKENARIO ALLAH YG TERTULIS DI LAFULMAHFUZ,WALAU AKU YAKIN AKU ALLAH.AKU MENUNGGU PULANG BERSATU BERSAMA ALLAH.”apakah itu otak apa rasa,apa apa…mohon pencerahaan dari ayahanda.mohon..mohon..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s